Saturday, January 11, 2014

A Quick Review

OH HELLO!

Iya, ini saya balik nulis lagi. Iya, ini saya nyoba untuk menepati janji. Iya, ini saya berusaha untuk nggak menelantarkan blog ini. Iya, ini saya kembaliiiii!

Terlepas dari kemalasan saya dalam menulis review dan meng-update blog ini, saya cukup bangga sama diri saya sendiri karena berhasil memenuhi target reading challenge dari Goodreads di tahun 2013 kemarin. Ehem, sebetulnya sih malah melebihi target, yaitu 38 buku dari target 35 buku (NGGAK USAH SOMBONG WOY BIASA AJA). Bukan masalah jumlah buku yang dibaca, sebenernya, tapi lebih kepada usaha diri sendiri untuk bisa konsisten dan tepat waktu dengan tantangan tersebut. Makanya, mengingat bahwa saya punya hal-hal lain yang harus dilakukan selain membaca, well, saya lumayan bangga sama diri sendiri.

Daaaaaan, ini nih buku-buku yang saya baca di sepanjang tahun 2013 kemarin:

Ada beberapa dari buku-buku tersebut yang sudah saya review di blog ini, yaitu Eleanor & Park, Jakarta Kafe dan An Abundance of Katherines. Gila, ternyata saya nggak produktif banget ya tahun lalu, masa dari 38 buku yang dibaca, cuma ada tiga yang di-review?

Tapi ya sudahlah. Let's move on, shall we?

Tentu nggak semua buku tersebut jadi favorit saya. Beberapa bahkan langsung "amblas" dari pikiran begitu selesai dibaca. Salah satu yang lumayan bikin saya merasakan book hangover adalah 'Insurgent' karya Veronica Roth, yang merupakan buku kedua dari trilogi Divergent. Akhir dari buku tersebut bener-bener menggantung dan bikin saya penasaran sampe kepikiran selama beberapa hari walaupun, memang, secara keseluruhan, saya lebih suka kisah yang diceritakan di 'Divergent'. Nah, novel ketiga dari trilogi tersebut sudah terbit, judulnya 'Allegiant'. Saya sudah punya bukunya, tapi masih ngendon di tumpukan timbunan buku lain karena belum sempat saya baca.

'The Book Thief' juga cukup meninggalkan kesan mendalam buat saya. Saya masih ingat, ketika selesai membacanya, saya sempat merasa gondok sama Markus Zusak, penulisnya, karena.... Ya Tuhan,  HOW COULD HE DO THIS TO HIS READERS, HUH? Dan ternyata, setelah membaca buku ini, saya baru tahu kalau 'The Book Thief' diadaptasi ke layar lebar! Lumayan penasaran juga gimana jadinya, mengingat bahwa yang menjadi narator dalam buku ini adalah 'death'. Kematian. Yup. Kalian bisa lihat trailer filmnya di sini.

Selain ketiga buku yang udah saya review tahun lalu di blog ini, masih ada 'To Kill a Mockingbird', 'Everyday', 'What I Talk About When I Talk about Running', 'Sputnik Sweetheart', 'Dash & Lily's Book of Dares', 'Pulang' dan 'Blue Romance' yang menjadi buku favorit saya di tahun 2013 kemarin. Sedangkan, yang lainnya.... bukannya nggak bagus, tapi mungkin cuma masalah selera aja. Ada, kan, buku-buku yang memang menurut kita bagusnya sampai tiga bahkan empat bintang tapi kurang begitu ngena. Errr.... atau cuma saya aja ya yang seperti itu?

Untuk tahun 2014 ini, saya tentu berharap bisa menyelesaikan target Goodreads reading challenge lagi DAN menulis review-nya juga. Semoga nggak berakhir hanya sampai doa dan ucapan aja ya. Semoga beneran bisa produktif menulis di sini lagi, karena saya pribadi juga merasa bahwa kemampuan menulis saya makin lama makin menumpul. Hiks.

Well, until the next new post.... see ya!

1 comment: